Selasa, 15 Juli 2014

Apa cara terbaik untuk menginjili seseorang yang mengikuti ajaran sesat atau pengajaran yang salah?


Jawaban: Hal yang terpenting yang dapat kita lakukan untuk mereka yang terlibat dalam ajaran sesat atau pengajaran yang salah adalah berdoa bagi mereka. Kita perlu berdoa agar Tuhan mengubah hati mereka dan membuka mata mereka (2 Korintus 4:4). Kita perlu berdoa agar Tuhan meyakinkan mereka akan kebutuhan mereka akan keselamatan di dalam Yesus Kristus (Yohanes 3:16). Tanpa kuasa Allah dan keyakinan dari Roh Kudus, kita tidak akan pernah dapat berhasil meyakinkan siapapun tentang kebenaran (Yohanes 16:7-11).

Kita juga perlu hidup dengan saleh di hadapan mereka sehingga mereka dapat menyaksikan perubahan yang Allah telah lakukan dalam hidup kita sendiri (1 Petrus 3:1-2). Kita perlu berdoa untuk hikmat untuk tahu bagaimana kita dapat melayani mereka dengan cara yang berkuasa (Yakobus 1:5). Setelah semua ini, kita harus bersedia dan berani saat kita memberitakan Injil. Kita harus memproklamirkan berita keselamatan melalui Yesus Kristus (Roma 10:9-10). Kita perlu senantiasa siap mempertanggungjawabkan iman kita (1 Petrus 3:15), namun kita harus melakukannya dengan kelemahlembutan dan hormat. Saya pernah bertemu dengan beberapa penganut ajaran sesat, dan teman yang bersama dengan saya memberitakan kebenaran kepada mereka, namun dia tidak melakukannya dengan lemah lembut dan hormat. Bahkan para penganut ajaran sesat itu lebih “serupa dengan Kristus” dalam sikap dan tingkah laku mereka dibanding dengan teman saya. Mungkin kami menang dalam pertempuran soal kebenaran, namun kami kalah dalam perang mendapatkan jiwa mereka yang terhilang.

Akhirnya kita menyerahkan keselamatan dari orang-orang yang kita injili kepada Tuhan. Adalah kuasa dan anugrah Allah yang menyelamatkan orang dan bukan usaha kita. Sekalipun bagus dan bijaksana untuk siap memberi pembelaan dan memiliki pengetahuan tentang kepercayaan salah yang kita hadapi, tidak ada satupun dari hal ini yang akan menghasilkan keselamatan bagi mereka yang terperangkap oleh tipu muslihat dari ajaran sesat dan pengajaran-pengajaran yang salah. Yang terbaik dan terutama yang dapat kita lakukan bagi mereka adalah berdoa bagi mereka, bersaksi kepada mereka dan menghidupi hidup keKristenan di hadapan mereka – dan percaya bahwa Roh Kudus akan menarik, meyakinkan dan menobatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar